Diet Untuk Penderita Penyakit Jantung

Advertisement

Penyakit jantung bukanlah suatu penyakit yang bisa diremehkan begitu saja. Pada dasarnya penyakit jantung terjadi karena beberapa hal, termasuk karena faktor kegemukan dan kolesterol yang berlebih.

Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa tips diet untuk penderita penyakit jantung yang selain sebagai program kesehatan diet juga mampu membentuk badan menjadi lebih ideal dan proporsional. Mungkin tidak terlalu membutuhkan perut sixpack, yang terpenting adalah diet sehat. Adapun diet untuk penderita penyakit jantung antara lain adalah:

a. Diet rendah natrium

Diet rendah natrium biasanya diberikan pada pasien penyakit jantung yang tengah dirawat di rumah sakit. Sedangkan diet natrium yang sering digunakan adalah diet kempner.

Natrium yang diberikan kepada penderita penyakit jantung ditekan seminimal mungkin namun tetap memperhatikan kebutuhan tubuh akan natrium.

Biasanya diet natrium terdiri atas buah-buahan dan beras yang memiliki kandungan natrium 200 mg, protein nabati 20 gram, serta hidrat arang 460 gram untuk setiap harinya. Untuk cairan sendiri adalah sebesar 700 ml hingga 1000 ml.

Untuk diet rendah natrium, penderita penyakit jantung akan diberikan nasi dengan jumlah kalori 700 hingga 1000 sehari.

Makanan seperti buah dan sayur segar juga bisa dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung sebagai penambah kalori dalam tubuh.

Untuk buah-buahan yang tidak boleh dikonsumsi penderita penyakit jantung yang tengah menjalankan program diet adalah kurma, alpukad, serta semua buah kaleng dengan bahan pengawet maupun pemanis buatan.

b. Diet rendah garam

Satu lagi diet bagi penderita penyakit jantung adalah diet rendah garam. Pada diet ini, penderita penyakit jantung kemungkinan akan kekurangan garam dalam tubuhnya.

Untuk penderita penyakit jantung dengan fungsi ginjal tidak sempurna, pada diet rendah garam kemungkinan juga akan mengalami defisiasi serta menjadi lemah, lesu, tekanan darah turun, mual, muntah, nafsu makan berkurang juga kecepatan denyut nadi yang semakin tinggi.

Diet rendah garam bisa mengkonsumsi segala jenis makanan namun tanpa penggunaan garam di dalam makanan tersebut.

Selain tidak menggunakannya garam dalam masakan, diet rendah garam juga melarang konsumsi makanan yang menggunakan bahan makanan dengan kandungan Na tinggi.

Diet untuk penderita penyakit jantung bisa dibilang mudah dan bisa juga dibilang sulit untuk sebagian orang. Yang terpenting juga harus memperhatikan bagaimana pola makan yang baik untuk diet penyakit jantung ini.

Dalam diet ini, pantangan bagi penderita penyakit jantung adalah untuk menghindari makanan seperti halnya keju, sosis, ikan asin, kecap, margarin, mentega, petis, terasi, segala macam kue dan masakan yang menggunakan penyedap juga segala bentuk makanan yang menggunakan bahan pengawet maupun pewarna buatan.

Advertisement
Diet Untuk Penderita Penyakit Jantung | dietlangsing | 4.5

Leave a Reply